KEBERANIAN & ATTITUDE

Sebelum memaparkan kata-kata yang akan saya ceritakan kepada teman-taman semua, ini merupakan hal yang biasa kita dengar dan  Anda mengganggap itu semua tidak ada kelebihan yang special, namun itu semua bagi saya merupakan kata-kata yang dapat mengingatkan kembali pada kenangan masa yang telah terlewatkan dan akan menjadi kenangan yang tidak akan pernah terlupakan.

Yuk kita baca, kilasan ceritanya, saya akan mencitakan satu persatu;

Awal Pemanasan atau permulaan yang biasa disebut dengan muqodimah.

Cerita yang memceritakan pengalaman yang menurut saya sangat berpengaruh dalam segala situasi, yang dialami oleh saya pribadi pada waktu proses belajar yang dimulai dari Sekolah Menengah Atas, namun pada waktu itu saya sekolah di Madrasah Aliyah Mifhun Najah di Kramatwatu, Serang-Banten mengambil jurusan IPS. Hingga sekarang ternyata tidak saya sadari bahwa pelajarang yang telah diajarkan pada saat di MA dan di Pesantren pada waktu itu sangatlah bermanfaat dalam mengarungi hidup ini, baik dari Agama, Sosial dan Akhlak. Setelah lulus kemudian saya menginginkan sekali untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi yaitu Perguruan Tinggi atau Universitas, namun keinginan saya tidak terfokus kesalah satu yang saya harapkan adalah kemana aja asalkan bisa kuliah, tidak peduli dengan biaya walaupun pada waktu itu belum memiliki biaya lebih. Kemudian saya mendaftarkan kesalah satu perguruan tinggi yang menenima beasiswa gratis full 100%, setelah mengikuti berberapa ketentuan yang telah di tentukan kemudian saya menyetujui itu semua dengan tanda tangan diatas materai 6000. Setelah menjalani kegiatan belajar yang berbeda dengan Perguruan Tinggi lagi dengan menggunakan system berbeda yang biasayan kita sering dengar dengan ujian semester di perguruan tinggi lain yang dilaksanakan 6 bulan sekali namun di sini hanya 4 bulan sekali dengan jumlah SKS yaitu 40. Amazing dalam waktu 4 bulan harus menyelesaikan 40 SKS dan kita sering mengucapkan dengan istilah Cawu. Jumlah Cawu yang harus di selesaikan yatiu 3 Cawu atau hanya 1 tahun. Cawu 1 dan 2 berjalan dengan yang diharapkan yaitu dapat menyelesaikan ke cawu 3, nahhh….di saat inilah saya menemukan kata-kata tersebut kemudian saya jadikan judul dalam artikel ini.

1. Keberanian

              Berawal dari belajar di cawu sebelumnya yaitu 1 dan 2, ketika kegiatan belajar berlangsung Dosen menjelaskan mata kuliah yang diajarkannya. Setelah Beliau selesai menjelaskan kemudian beliau memberi kesempatan kepada kami atau mahasiswa lainnya untuk bertanya dari bagian yang tidak di mengerti. Sebagian teman-teman mengangap walaupun sudah mengerti ataupun belum mereka enggan untuk bertannya hanya sebagian dari kami yang bertanya. Mungkin ini suatu hal yang sangat sepele yang sepatunya tidak untuk kita ceritakan, “Pendapat orang berbeda-beda Bro….”.

Di saat itulah kita akan menjadi lebih tahu saat kita belum mengerti kita bertannya dan begitu pula sabaliknya, ada pepatah mengatakan “Malu bertanya sesat di jalan”.

“Emangnya mau kemana bang ko malah di jalan sih yang di tulis? Bukannya tentang pelajaran”

“Itu hanyalah pengistilahan yang sering kita dengar.” Jawab saya

           Begitu pula apabila kita malu bertanya kepada Guru tentang ketidak jelasan yang di paparkannya selayaknya kita untuk bertanya agar tidak melenceng dari kaidah yang berlaku, hehe,,,,kaya apa aja kata-kayanya Kaidah yang berlaku.

Nahhh….dengan modal keberanian itu lah dan di dalam situasi tersebut kita bisa memanfaatkannya agar masalah yang sesat dijalan tadi tidak teralami oleh kita. Tetapi selain itu kita pun harus tau dimana kita harus mendengarkan dan bertannya, jangan sampai kita memotong pembicaraannya pada saat menjelaskan. Hehe,,,,,acungkan aja tangan kemudian dilanjutkan dengan mengatakan “Maaf Pa/Mr , Bu/Ma’am, saya ingin menanyakan pada bagian …………………tentang……………., saya belum mengerti mohon jelaskan kembali dan berikan contoh yang mudah untuk di pahami.” Jangan lupa setelah itu kita mengucapkan “Terima kasih/Thanks you”. Nah selain itu juga kita dapaat menggunakannya dalam segala kegiatan asalkan jaga aturan mainnya,,he..he..he…

Itu semua sudah saya praktikan dalam ruangan kelas bahkan hampir setiap hari, pada saat diruang belajar maupun di luar jam pelajaran.

Selain itu keberanian juga dapat kita manfaatkan di segala aspek dalam kehidupan terutama dalam berbisnis.

2. Attitute

          Sebelumnya ada pertanyaan ni, apa anda mengetahui perngertiaan Attitute?

         Secara garis besarnya adalah sikap. yang saya dapatkan dari www. wikipedia.org menjelaskan sikap adalah perasaan seseorang tentang obyek,  aktivitas,  peristiwa  dan  orang  lain.  Perasaan  ini  menjadi  konsep  yang merepresentasikan suka atau tidak sukanya (positif, negatif, atau netral) seseorang padasesuatu.

http://www.artikata.com/thesaurus/visual.php?word_id=attitude

Kita telah mengertahui definisinya sekarang saatnya memaparkan dan menceritakan kejadiannya.

        Suatu hari teman-teman di berikan tugas oleh salah satu dosen pada pelajaran AP untuk mengarsip surat dan di bagi menjadi berbarapa kelompok masing-masing diberi tugas berbeda.

            Waktu terus berjalan hingga sampai waktu untuk bertanya tentang tugas tersebut sebelum di presentasikan, beberapa kelompok sedang menanyakan kepada pengajar di ruangannya, setelah menunggu cukup lama, kemudian perwakilan dari kelompok saya dan kebeteluan saya lah yang ditunjuk untuk menanyakan, pada waktu itu saya berfikir “Ah, lama bangat sih yang bertanya.”

       Tak sabar menunggu, kemudian saya masuk untuk melihat seberapa detailnya yang sedang di tanyakan. Masuklah saya keruanganya dan tak lupa pula untuk mengucapkan salam, namun secara serentak saya mengucapkan salam dan dosen yang sedang menjelaskan tiba-tiba beliau memanggil kepada salah satu staf yang lain untuk menghampirinya, otomatis salam saya tidak terdengar, saya pun menghampiri beliau dan menanyakan “Apakah masih lama untuk penjelasannya Ma’am?”

tidak lama kemudian beliau mengatakan “Mohon mengantri lah, dan jaga attitute.”

Kemudian setelah mendengar perkataan seperti itu, langgsung meninta maaf kepadanya.

         Setelah penjelasan selesai dan beliau pun memanggil saya yang berada diluar, dan kemudian saya masuk bersama teman kelompok saya. setelah di jelasakan panjang lebar, kami kembali ke kelas untuk memberi tahu kepada teman kelompok kami, namun salah satu teman yang tadi bertannya pada saat saya menghampiri ruangan dosen, mereka meledek dengan mengatakan “Attitute donk….” mereka tertawa terbahak-bahak.

           Salah satu dari mereka menanyakan kepada saya, “Tadi kamu masuk nyucapin salam gak?”

“Ya…saya mengucapkan.” jawab saya dengan penuh heran.

 “Perasaan  saya kamu tadi masuk tidak mengucapkan salam, makanya Ma’am mengatakan Attitute.” penjelasanya dan teman-teman  yang lain mengucapkan yang sama “Iya ,,,tadi tidak terdengar…”

Kemudian saya jelaskan kejadian tadi. “Oh…tadi itu karena bersamaan dengan saat beliau memanggil salah satu staf, dan bersamaan saya mengucapkanya.” Penjelasaan saya.

Hal itu lah yang membuat diri saya sadar dan menjadikan pengalaman yang tidak akan terlupakan tentang Attitute.

semoga tidak terulang lagi kejadian seperti ini dan jangan ditiru, jadikanlah pengalaman yang berharga.

The end,,,,,

thanks.

About aj

"Bogor EduCARE"A place where English improves your life.

Posted on 26 July 2012, in Never give up!. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

notasi media erni

mengalun seirama pergolakan media

Only In Rizky

To be a positive impact for everyone

bisnisamanah01

A topnotch WordPress.com site

agam's Blog.......

Lay it in your hands the world is not in your heart.

mayyamae

This WordPress.com site is the cat’s pajamas

ondemandedotnet

Just another WordPress.com site

sansanwawaa

make a wish come true.

endinuj

A great WordPress.com site

yondaekodirman

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

Misbeh

Always Thinks Smart

Acun's Blog

Share And Enjoy

saefusae

The Never Ending Story

AJ43 MANAGEMENT

Creative and Innovative

