KUE ALI

 

 

Bogor. Berbagai makanan yang terdapat di Indonesia sangat beragam baik dari jenis, macam, dan rasa yang sangat sepesial yang di tawarkan oleh setiap makanan tersebut. Namun kali ini akan memperkenalkan salah satu makanan khas Sunda yaitu Kue Ali.

Kita sering gengsi terhadap makanan yang di buat langsung oleh tangan-tangan masyarakat Indonesia yang mempunyai citra rasa yang menggoda selera sehingga banyak orang yang ingin mencoba lagi dan lagi dan sangat jarang sekali kita temukan di tempat umum lainnya. Kebanyakan orang merasa itu sudah kuno, zadul (zaman dulu) dan banyak yang beralih ke makanan yang lebih mewah sesuai dengan perkembangan  zaman gaya hidup yang serba wah, dengan gengsi yang tinggi.

Kini makanan tradisional yang sejak dulu di kenalkan oleh orang terdahulu semakin tidak di minati oleh kalangan remaja sekarang ini, berbagai macam alas an pun muncul bahkan bukan hanya itu kurangnya rasa ingin tahu akan hal-hal yang sejak dulu sudah ada, namun bukan hanya itu alasan lain pun muncul yaitu kurang di perkenalkan dan jarang untuk di produksi karena harga jual yang kurang dan kentungannya pun sedikit.

Kue ali atau dengan kata lain kue cincin ini merupakan makanan yang sejak dulu sudah ada di Indonesia dan sampai saat ini pun masih ada, namun sudah sangat jarang sekali untuk di jumpai di tempat-tempat penjualan kue. Dari segi bentuknya kue ali  cincin  tidak jauh berbeda dengan kue sekarang atau sering kita jumpai di setiap pasar atau pun tempat penjualan aneka kue yaitu donat, siapa yang tidak kenal kue yang satu ini yang memiliki ciri khas yaitu terdapat bolong di bagian tengah kue tersebut dan berbentuk lingkaran. “bulat-bulat bolong tengae namanya kue donat” sekilas mengulang sanjungan kue donat. Kue ali pula tidak jauh berbeda dilihat dari segi bentuknya yang memiliki bolongan ditengah-tengah kue yang berbentuk dulat atau lingkaran.

Dan kini kue ali cincin ini masih dilestarikan di daerah Bogor atau pun kota-kota lainnya di Jawa Barat. Kita pun dapat mengetahui bagaimana cara pembuatannya dari mulai bahan produksi menjadi barang jadi yang siap untuk di jual atau di konsumsi.

Kue ali ini sangat cocok untuk berbagai hidangan dalam suatu acara atau sambil santai dengan ditemani secangkir kopi atau teh dapat lebih terasa nikmat bahkan akan merasakan perbedaan yang sangat berbeda dan ketagihan.

Bahan yang harus di persiapkan adalah:

  1. Tepung beras

  2. Gula merah dan gula pasir

  3. Minyak  sayur

Dan seandainya ingin lebih tampilan lebih menarik dapat ditambahkan berbagai tambahan lainnya.

        Semua bahan yang akan dibuat harus pas atau mengetahui kurang lebihnya bahan tersebut kalau seandainya terdapat bahan yang kurang hanya sedikit saja maka citra rasa pun akan berubah dan bentuknya pun akan tidak menarik.

 

Advertisements

About aj

"Bogor EduCARE"A place where English improves your life.

Posted on 23 August 2012, in My Notes. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

notasi media erni

mengalun seirama pergolakan media

Only In Rizky

To be a positive impact for everyone

bisnisamanah01

A topnotch WordPress.com site

agam's Blog.......

Lay it in your hands the world is not in your heart.

mayyamae

This WordPress.com site is the cat’s pajamas

ondemandedotnet

Just another WordPress.com site

sansanwawaa

make a wish come true.

endinuj

A great WordPress.com site

yondaekodirman

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

Misbeh

Always Thinks Smart

Acun's Blog

Share And Enjoy

saefusae

The Never Ending Story

AJ43 MANAGEMENT

Creative and Innovative

%d bloggers like this: