Dipaksa-Terpaksa-Terbiasa-Bisa-Luar Biasa

Untuk dapat menumbuh kembangkan suatu potensi yang dimiliki oleh seseorang perlu metode atau cara tertentu untuk menghasilkan apa yang diharapkan dimasa depan nanti.

Saya teringat sekali apa yang telah dikatakan oleh salah satu guru saya sewaktu sekolah di Sekolah Menengah Atas atau MA dan sekaligus beliau adalah Ustadz yang membimbing saya ketika di Pondok Pesantren. Beliau mendidik dan membimbing kami bagaimana cara untuk dapat mewujudkan suatu harapan dan target selama kami belajar dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Ketika kami harus melawan sifat malas yang ada di benak kami, diwaktu bersamaan pula beliau pun tak pernah lelah untuk selalu memberikan motivasi kepada kami untuk selalu bersemangat untuk mewujudkan cita-cita yang mulia dan menyuruh kepada kami untuk tidak menyerah never give up serta menggali potensi yang dimiliki dalam diri ini.

#Kegigihan beliau

Rasa lelah pun ia rasakan, tetapi tidak pernah ia menampakan perasaan lelahnya dihadapan kami. Rautan mukanya selau ceria, bersemangat, mencontohkan kebaikan kepada kami dan ketegasan yang membuat kami besemangat menjalani hari-hari.

#Pribadi

Walaupun terkadang saya melakukan kesalahan, beliau pun langsung menegur dan menasihati saya untuk tidak melakukan kesalahan kembali dan terkadang apabila saya sudah diperingatkan tetapi masih melakukan kesalahan lagi beliau pun tidak segan-segan untuk menghukum saya di waktu malam hari setelah melakukan semua aktivitas mengaji dan belajar mandiri untuk sekolah besok. Perasaan kesal pun muncul tetapi tidak di tampakan dihapan beliau hanya dalam hati kecil yang selalu mendorong kami untuk selalu berpikiran negative.

Pada saat itu saya belum sadar betapa pedulinya seorang ustadz atau guru yang tak kenal lelah untuk mendidik saya untuk menjadi yang lebih baik, tanggung jawab beliau sama halnya dengan tanggung jawab orang tua saya dirumah, beliu tidak mau anak yang dididiknya menjadi orang yang tidak berguna dan hanya bisa mengandalkan kepada orang lain.

Saya sangat ingat sekali perkataan berliau disaat menasehati saya yang kurang lebih isi perkataaan beliau adalah “Biasanya masa-masa kalian adalah masa yang inginnya selalu bersenang-senang yang menuruti semua kehendak hati dan inginnya bermain dan bermain tidak memikirkan untuk belajar.”

Mengapa Beliau mengatakan seperti itu karena beliau sudah mengalaminya disaat masih menjadi santri sama halnya dengan saya, harapan dia adalah tidak mengiginkan prilaku yang menyimpang saat beliau menjadi santri dulu terulang kembali kepada anak didiknya dan kemudian semuanya itu dilakukan olehnya semata-mata untuk dapat mendidik dan memberi pelajaran kepada saya dan teman-teman yang lain untuk menjadi pelajar sekaligus santri yang kreatif dan inovarif.

Sewaktu saya menjadi pelajar dan sekaligus santri, saya belum paham dari perktaan berliau “Dipaksa-Terpaksa-Bias-Bisa-Luar Biasa.” Dan perkataan itu di ucapkan ketika kami selesai melakukan kegiatan yang telah di jadwalkan yaitu Muhadoroh atau belajar pidato saat memberikan sambutan sekaligus nasihat kepada kami semua.

Karena dulu saya kurang berantusias kepada perkataanya dan beranggapan ah apa sih maksud perkataannya yang membuat saat gelisah karena duduk terlalu lama, namun setelah kami menyelesaikan pendidikan di pondok pesantren dan lulus dari MA, barulah saya sadar dan selalu  mengingat kembali apa yang telah dialami oleh saya pribadi baik kesalahan, pelajaran dan nasihat yang telah diberikan kepada kami.

Kesedihan dan penyesalan pun muncul ketika teringat hal-hal yang positif yang salah untuk dilakuna sehingga menjadi kegiatan negative dan melanggar pelaturan.

“Kenapa ya dulu saya menyianyiakan kesempatan yang sangat berharga, saya selalu diperhatikan, dididik dan dinasihati apabila saya melakukan kesalahan.”

Memang yang kita ketahui bersama, penyesalan itu adanya di akhir bukan di awal, dan kalau adanya di awal disebutnya juga bukan penyesalan donk,,, Hehheh,,, :d

Quiz> kalau adanya di awal disebut apa coba? 🙂

 

Maksud penjelasan Beliau kurang lebihnya adalah,

  • Dipaksa
    Saat kalian tidak taat pada pelaturan yang berlaku dan jadwal pelajaran yang telah ditentukan dan kalian tidak melakukannya maka tugas kami adalah memaksa kalian untuk dapat melaksanakan pelaturan yang sudah ditentukan bersama.
    Contohnya adalah ketika setiap hari kami harus menggunakan bahasa asing seperti Bahasa inggris, Jepang dan Arab dalam percakapan sehari-hari bersama teman-teman yang setiap hari telah ditentukan, kemudian kami tidak melakukannya, beliau pun tidak segan-segan untuk memberikan hukuman kepada kami.
  • Terpaksa
    Beliau telah mengatakan “tidak apa-apa untuk kegiatan positif dipaksa juga, dan hasilnya juga dia ko yang merasakannya”
    Kami pun mau tidak mau harus mentaati pelaturan yang berlaku salah satunya adalah berkomunikasi dengan menggunakan bahasa asing.
  • Terbiasa
    Setelah beliau memaksa kami untuk menggunakan pecakapan dengan bahasa asing, dalam benak hati kami timbul rasa keterpaksaan dan hasil dari dipaksa+terpaksa=terbisa, kami pun mulai terbiasa dengan kegiatan sehari-hari yang telah ditentukan itu dan bukan hal yang baru lagi dalam kegiatan sehari-hari.
  • Bisa
    Setelah kami terbiasa bercakap-cakap mengguanakan bahasa asing dan hukuman yang harus menghafal kosa kata baru dengan jumlah tidak sedikit setiap melakukan kesalahan maka kami pun semakin hari semakin bersemangat untuk menghafal kosa kata suapaya kami tidak terkena hukuman dan akrinya kami bisa menggunakan bahasa asing dalam lingkungan pesantren.
  • Luar biasa
    Setelah kami Dipaksa-Terpaksa-Biasa-Bisa, kami pun dapat mengaplikasikannya di luar lingkungan pesantren dan dapat berkomunukasi dengan orang asing.

Thank you very much my teachers

 

Wassalam,

 

About aj

"Bogor EduCARE"A place where English improves your life.

Posted on 13 September 2012, in Never give up!. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

notasi media erni

mengalun seirama pergolakan media

Only In Rizky

To be a positive impact for everyone

bisnisamanah01

A topnotch WordPress.com site

agam's Blog.......

Lay it in your hands the world is not in your heart.

mayyamae

This WordPress.com site is the cat’s pajamas

ondemandedotnet

Just another WordPress.com site

sansanwawaa

make a wish come true.

endinuj

A great WordPress.com site

yondaekodirman

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

Misbeh

Always Thinks Smart

Acun's Blog

Share And Enjoy

saefusae

The Never Ending Story

AJ43 MANAGEMENT

Creative and Innovative

